Merencanakan Masa Depan



(Catatan Jum’atan KOMA #01 / 09 November 2012)
            Laa yughoirulloh bi qoumin, hatta yu ghoiru bi anfusihim, artinya: Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, sampai kamu tersebut mau merubah nasibnya sendiri.
            Maqola di atas menjadi dasar pijakan KOMA dalam pelaksanaan program Jum’atan KOMA #01, yang diadakan di Musholla Al-Wahabiyyah 2 Bahrul ‘Ulum pada tanggal 09 November 2012. Acara yang dimulai sekitar pukul 14.00 WIB ini, dibagi menjadi dua sesi pembahasan, yakni:
1. Pembahasan Newsletter KOMA
            Pada sesi ini, selain mengevaluasi lay out newsletter, kita juga mengapresiasi karya-karya yang dimuat di newsletter, dengan harapan agar dari hari ke hari selalu ada peningkatan mutu tulisan. Hal ini adalah juga sebagai persiapan KOMA dalam merealisasikan program pembuatan bulletin & majalah di mana mana yang akan datang.
            Sesi ini, diakhiri dengan kesepakatan tema newsletter edc. berikutnya, yakni “Character Building”
2. Pembahasan tema “KOMA, siapa aku? …”
            Mengamati langkah demi langkah Komunitas KOMA selama ini (sejak lahirnya; 11 Februari 2007), dapat disimpulakan bahwa Komunitas KOMA masih mengedepankan karakter “ayam”—dalam artian, setiap tahunnya hanya berfikir bagaimana tahun ini? Sehingga melupakan program untuk tahun-tahun yang akan datang. Hal inilah yang membuat langkah KOMA seakan jalan di tempat.
            Berangkat dari analisis di atas, maka jum’atan KOMA edc. perdana ini, KOMA memilih tema “KOMA, siapa aku? …”. Kenapa memilih tema tesebut, karena tanpa mengenal jati diri KOMA, maka di saat yang sama KOMA juga tak akan mampu menempatkan langkah KOMA ke depan.
            Setelah melalui proses diskusi yang hangat, akhirnya disepakati, bahwa jati diri KOMA adalah Komunitas yang didirikan untuk menjadi media belajar bersama anggota-anggotanya. Sehingga proses yang berkesinambungan mutlak diperlukan, karena mufakat KOMA juga telah menyepakati langkah teknis estafet KOMA menuju miladnya yang ke-10 (14 Februari 2017) atau lima tahun ke depan.
KOMA! Rencanakan kerjamu, dan kerjakan rencanamu! J
BS_14/11/12

Komentar